SCRIPTA MANENT VERBA VOLANT

(yang tertulis akan tetap mengabadi, yang terucap akan berlalu bersama angin)

Rabu, September 30, 2015

Template

Ketika saya Blog Walking (BW) ke beberapa blog orang terkenal, salah satunya Armahedi Mahzar, saya melihat template-nya (tampilan) biasa-biasa saja. Mungkin bagi Armahedo, dan mungkin juga bagi sebagaian orang, penampilan blog tidaklah begitu penting. Yang terpenting adalah konten dari blog itu sendiri.

Tidak salah memang berpikir subtansialis, namun kita juga harus ingat semboyan ekonomi, “orang tidak hanya membeli isi, tetapi juga membeli kemasannya. Saya kira itu pula yang berlaku di dunia blogging. Orang tidak hanya melihat dari konten, tetapi kadang orang singgah hanya untuk melihat penampilan blog. Atau orang yang semula tidak berminat membaca namun keran melihat tampilannya menarik, orang pun jadi tertarik membaca. Bukankah salah satu kebahagian penulis adalah ketika tulisannya dibaca orang?

Merubah dan memperindah tampilan blog selain memili manfaat untuk orang lain seperti di atas, juga bermanfaat bagi pemilik blog itu sendiri. Dengan tampilan yang baru dan menarik, sang pemilik blog akan merasa terpuaskan juga. Di sisi lain, dengan penampilan yang baru akan memotivasi seorang blogger untuk menuangkan gagasan-gagasan bermutunya. Masak tampilan blognya bagus isinya gak mutu, apa lagi kalau sampai tidak pernah di-update. Malu kan!
 
Baik isi maupun tampilan haruslah serasi. Ibarat orang, template adalah baju. Jangan sampai baju kita ganti, namun otak kita Dengan demikian, blogging pun menjadi seuatu yang bermanfaat. Meskipun belum bisa bernilai ekonomis, setidaknya seorang blogger mendapatkan kepuasan spitual saat menuangkan gagasannya dalam tulisan dan saat tulisannya dibaca orang.
 
Akhirul kalam, MET BLOGGING.

0 komentar:

Posting Komentar