SCRIPTA MANENT VERBA VOLANT

(yang tertulis akan tetap mengabadi, yang terucap akan berlalu bersama angin)

Kamis, April 16, 2009

Cerita Rahib

Ada dua orang rahib yang sedang berjalan-jalan melalui pinggiran kali. Pada saat kedua rahib tersebut sedang berjalan dan menikmati pemandangan daerah tersebut yang indah, ada seorang wanita yang meminta tolong agar ia dibantu menyeberangi kali. Seketika salah satu rahib tersebut menggendong wanita tersebut dan membawanya ke seberang kali, kemudian rahib tersebut kembali ke tempat semula lalu melanjutkan perjalanannya.

setelah berjalan agak jauh, rahib yang satunya baru sadar bahwa temannya tadi telah menggendong seorang wanita dan membawanya menyeberangi kali. bukankah dia rahib? bukankah itu hal tercela, apalagi bagi seorang rahib? meski demikian dia tidak enak menanyakannya kepada temannya tersebut. Dalam sepanjang perjalanan dia memikirkan kejadian tersebut? ada apa dengan temannya tadi? apakah dia telah lupa terhadap larangan-larangan dalam kerahiban.

Setelah berjalan kucup jauh, keduanya beristirahat untuk makan dan minum. rahib yang sedari tadi memendam pertanyaan tidak kuat juga untuk tidak menanyakan perisitwa yang telah ia lihat tadi. akhirnya dia pun bertanya.

"Wahai kawan, mengapa enggkau tadi menggendong seorang wanita, bukankah hal itu tercela, apa lagi bagi seorang rahib?" tanya sang rahib. Rahib yang menyebrangkan wanita tadi dengan santai menjawab: "saya menggendongnya sudah lewat tadi, dan saya sekarang tidak menggendongnya lagi, tetapi mengapa engkau masih menggenongnya dalam pikiranmu?" Sang Rahib pun terdiam mendengar jawaban teman seperjalanannya itu.

Hikmahnya apa ya? kalau gak tahu and males mikir, tanya aja pada rahibnya.


0 komentar:

Posting Komentar