SCRIPTA MANENT VERBA VOLANT

(yang tertulis akan tetap mengabadi, yang terucap akan berlalu bersama angin)

Selasa, Agustus 05, 2008

Ma'iyah

Ma’iyah secara kebahasaan berarti kebersamaan. Kata itu memang sangat tepat digunakan untuk acara satu ini. Acara ma’iyah. Acara ini adalah acara yang diselenggarakan oleh Emha Ainun Nadjib atau Cak Nun bersama Kyai Kanjeng. Kebersamaan memeang sangat kental terasa di forum yang banyak di gelar di berbagai tempat di Nusantar secara bergiliran ini. Untuk di jonmbang namanya adalah Gambang Syafaat, untuk di Jakarta adalah Keunduri cinta. Sementara di Jogja forum ii bernama Mocopat Syafaat. Sangat lokaly

Forum Mocopat Syafaat diadakan setiap tanggal 17 malam 18 di Kasihan Bantul. Kadang forum ini disebut pengajian, cuman sering juga Cak Nun mengatakan ini bukan forum pengajian, karena sering yang datang jadi pembicara juga orang non Islam, atau pernah juga ateis baik dari dalam maupun luar negeri. Forum ni adalah majlis ilmu, karena di sana kita belajar apa saja. Dan dari siapa saja. Siapapun boleh berbicara di sana. Mungkin inilah pendidikan yang demokratis, pendidikan poluler dan partisipatif.

Forum ini adalah majlis dzikir, di mana kalimah-kalimah thayibah dilantunkan. Sajak-sajak cinta dibacakan. Mengalun, menggema memenuhi relung hati. Namun tak jarang forum ini menjadi forum umpatan di mana setiap orang berteriak, mengumpat, mengeluarkan kegundahan masing-masing. Lalu suasana syahdu, semua bermohon ampun, berdoa dan bershalawat. Mendedangkan syair-syair cinta. Sehingga yang ada kemudian adalah kebersamaan dalam cinta. Itulah maiyah.

0 komentar:

Posting Komentar